Definisi Pekerjaan Sosial Menurut Para Ahli

Selamat siang, sobat sosial. Kembali lagi dalam postingan kali ini kita akan mempelajari dan mengenal lebih luas tentang dunia pekerjaan sosial. Berikut adalah beberapa definisi pekerjaan sosial menurut para ahli yang terangkum dari beberapa sumber.

  • Allen Pincus dan Anne Minahan (1973)

Pekerjaan sosial berkepentingan dengan permasalahan interaksi antara orang dengan lingkungan sosialnya, sehingga mereka mampu melaksanakan tugas-tugas kehidupan, mengurangi keteganga, mewujudkan aspirasi dan nilai-nilai mereka.

  • Goldstein (1973)

Pekerjaan sosial adalah suatu bentuk intervensi sosial untuk membantu seseorang baik secara individu maupun kolektif dalam mengatasi ‘permasalahan sosial’ dalam eksistensi sosialnya.

  • Max Siporin (1975)

“Pekerjaan sosial adalah praktik profesional yang dalam tindakan dan pelayanannya dilakukan oleh orang yang mendapatkan pendidikan khusus dan secara formal memiliki izin dan kewenangan untuk melaksanakan tugasnya.

  • Walter A. Friedlander dan Robert Z. Apte (1980)

Pekerjaan sosial merupakan suatu pelayanan profesional yang praktiknya didasarkan kepada pengetahuan dan keterampilan ilmiah tentang relasi manusia, sehingga dapat membantu individu, kelompok dan masyarakat dalam mencapai kepuasan pribadi dan sosial serta kebebasan.

  • Charles Zastrow

Pekerjaan sosial merupakan kegiatan profesional untuk membantu individu-individu, kelompok-kelompok dan masyarakat guna meningkatkan atau memperbaiki kemampuan meraka dalam berfungsi sosial serta menciptakan kondisi masyarakat yang memungkinkan mereka mencapai tujuan.

  • Rex A. Skidmore dan Milton G. Thackeray (1982)

Pekerjaan sosial bertujuan untuk meningkatkan keberfungsian sosial individu-individu, baik secara individual maupun kelompok, di mana kegiatannya difokuskan pada relasi sosial mereka, khususnya interaksi manusia dengan lingkungannya.

  • Leonora Serafica de Guzman (1983)

Pekerjaan sosial merupakan profesi yang bidang utamanya berkecimpung dalam kegiatan pelayanan sosial yang terorganisir. Kegiatan tersebnut bertujuan untuk memberikan fasilitas dan memperkuat relasi. khususnya dalam penyesuaian diri secara timbal balik dan saling menguntungkan antara individu dengan lingkungan sosialnya, melalui penggunaan metode-metode pekerjaan sosial, sehingga individu maupun masyarakat dapat menjadi baik.

  • National Association of Social Workers (NASW-USA)

Pelayanan profesional kepada seseorang kelompok dan masyarakat untuk meningkatkan dan memulihkan kemampuan melaksanakan fungsi sosial serta menciptakan kondisi masyarakat yang mendukung pencapaian tujuan tersebut.

  • Majelis Umum IASSW (Juli 2014)

Pekerjaan sosial adalah profesi berbasis praktik dan disiplin akademis yang mendorong perubahan sosial dan pembangunan, kohesi sosial, pemberdayaan dan pembebasan orang. Prinsip keadilan sosial, hak asasi manusia, tanggung jawab bersama dan penghormatan terhadap keragaman sangat penting dalam pekerjaan sosial. Didukung oleh teori pekerjaan sosial, ilmu sosial, humaniora dan pengetahuan murni, pekerjaan sosial melibatkan orang dan struktur untuk mengatasi tantangan hidup dan meningkatkan kesejahteraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *