TOKOH KEBANGGAANKU [MUHAMMAD HATTA]

Foto: aswad

Muhammad Hatta yang dikenal sebagai seorang pejuang, negarawan, ekonom serta wakil presiden pertama Indonesia. Kiprah dan dedikasinya pada Indonesia tak pantas dilupakan.
Seorang yang pernah menjabat Ketua Perhimpunan Indonesia yang menjunjung nama Indonesia di kancah dunia internasional. Di mana pada masa itu ia tengah berada pada kongres Liga Bangsa-bangsa yang menuntut kemerdekaan pada setiap bangsa. Dan Hatta mewakili Indonesia tertunjuk sebagai salah satu pimpinan kongres, di skala Internasional.
Ketika Muhammmad Hatta telah menyelesaikan program doktoral maka kembalilah ke tanah air berjuang di pendidikan nasional indonesia. Langsung menjadi narasumber dan kontributor Daulat Ra’jat. Ia merasa memiliki Indonesia dan peduli pada negara. Tentang pendidikan, Hatta berkeyakinan bahwa Pendidikan Nasional Indonesia merupakan perkumpulan yang mendidik diri kita.
Karena kita membutuhkan didikan yang benar. Dengan jalan pendidikan, Hatta menilai rakyat jelata akan mendapat pemahaman bahwa tidak saja pemimpin yang harus tahu kewajibanya tetapi juga rakyat semuanya. Bukan saja pemimpin yang berjuang tapi rakyat semuanya.nasib rakyat indonesia tergenggam di dalam tangat rakyat sendiri.
Hatta termasuk sosok intelektual yang vokal menyerukan pencerdasan bagi rakyat. Hingga satu ketika, karena dianggap menghasut rakyat dengan karangan karanganya yang mendidik rakyat maka oleh pemerintah Hindia Belanda Hatta dibuang. Pembuangan pertamanya ke Boven Digul (tanah merah) lantas dipindah ke Banda Neire.
Dalam masa pembuangan tersebut, yang semakin menambah kagum dan kebanggaan akan sosok Hatta ia selalu membawa buku yang satu peti, membuat diktat dan literatur serta karangan karangan. Ia tetap bertahan untuk perbaikan Indonesia.
Muhammad Hatta, aku dan Indonesia bangga padamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *