LIKE FATHER LIKE SON

Foto: ern

Like father – like son, satu idiom yang biasa digunakan untuk menggambarkan perilaku/bakat yang sama dari dua generasi yang berbeda dalam sebuah keluarga. Generasi yang berbeda yaitu ayah dan anak.
Di peribahasa Indonesia akan ditemukan -buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Bebasan Jawa menyebutnya ‘kacang ora ninggal lanjaran’. Makna ketiganya sama.
Tidak ada yang sengaja memberi contoh dan tidak ada yang sengaja meniru. Entah bagaimana asal muasal itu tersebab ‘banyaaaak’ perilaku keduanya yang tampak sama (mirip). Dari hal seremeh temeh sampai hal kompleks yang terkadang membuat saya geleng-geleng.
Kondisi demikian mengantarkan saya untuk dapat tersenyum lebar. Sebab, saya terbantu. Perilaku mereka yang nyaris mirip memudahkan saya menentukan sikap, bagaimana harusnya & tidak-seharusnya saat membersamai mereka.
Puji syukur untuk Tuhan, atas kehidupan dengan dipinjamkannya karunia seorang raja dan putra mahkota. Keduanya adalah titipan, amanah bagi saya untuk menjaga titipan ini dengan sepenuhnya ikhtiar penjagaan dalam ketaatan.
Bunda Yahya, 11 Agustus 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *