Go back
October 03, 2022

Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Disebut Bencana Sosial?

Masih jelas dan terang bagaimana ratusan orang secara perlahan harus merenggang nyawa akibat tragedi kisruh saling injak di Stadion Kanjuruhan Malang 1 Oktober 2022 kemarin. Ratusan jiwa yang tidak menyangka akan melayang sekaligus dalam momentum hiburan dan event loyalitas yang sedang mereka rayakan.

White Black Light Classic Minimal Design Illustration Portfolio Website 4

Selain korban meninggal, telah tercatat banyak korban luka dan gangguan pernafasan lain. Kondisi trauma dan ketakutan? Pasti lebih besar dari itu semua.

Lantas, kenapa tragedi saling injak di Stadion Kanjuruhan Malang kemarin dikategorikan sebagai Bencana Sosial?

Pasca kejadian, kita menyimak banyaknya pihak pemerintah maupun swasta langsung turun tangan ke lokasi untuk memberikan pendampingan dan pertolongan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kementerian Sosial. Kementerian Sosial tampak turut memberikan dukungan psikososial kepada keluarga korban maupun korban yang mengalami trauma dengan penyediaan center dukungan psikososial maupun santunan kepada ahli waris.

Kenapa banyak pihak harus turun? Karena kita semua telah menyepakati bahwa kejadian kemarin adalah bencana sosial. Sebagaimana kita ketahui bahwa bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat, dan teror.