Alat Asesmen Pekerjaan Sosial

Salam Pekerja Sosial,

Berasa lama banget yaa tidak sharing di blog tentang profesi Pekerjaan Sosial. Oke teman-teman, kali ini akan mengupas tentang Alat Asesmen Pekerjaan Sosial (Tools Asesment of Social Work) yaa, especially kali ini akan bahas tools yang kita gunakan dalam setting layanan klinis (case work). Tools yang akan dibahas kali ini Genogram, Ecomap, Social Life Road, Kuadran Strenght, Diagram Venn, dan Road Map.

Genogram 

Adalah sebuah diagram seperti sebuah pohon keluarga. Genogram dapat menggambarkan hubungan keluarga untuk dua atau tiga generasi (untuk menggambarkan lebih dari tiga generasi akan menjadi sangat komplek). Beberapa informasi yang termasuk di dalam genogram ini antara lain adalah : umur, jenis kelamin, status perkawinan dan komposisi keluarga, struktur keluarga dan hubungan keluarga (misalnya anak kandung, anak angkat, orangtua dan sebagainya); Situasi pekerjaan dan tanggung jawab, kegiatan sosial dan minat/bakat; dam karakter yang mengikuti anggota keluarga yang bersangkutan. Berikut adalah contoh genogram pada wawancara awal.

 

sumber gambar : wikihow

Ecomap 

Adalah gambaran seseorang atau suatu keluarga di dalam suaru konteks sosial. Informasi yang termasuk di dalamnya antara lain adalah : keluarga inti, asosiasi formal (misalnya keanggotaan dalam aktivitas keagamaan, partisipasi dalam organisasi dan sebagainya). Sumber-sumber yang mendukung atau bahkan membuat stress dalam interaksi sosial (antara seseorang dengan sistem komunitasnya); penggunaan sumber-sumber yang terdapat di lingkungan serta sumber-sumber yangt erdapat di lingkungan serta sumber-sumber informal dan lingkungan pendukung (keluarga besar, kerabat, teman, tetangga dan kelompok bantu diri).

sumber : Safeguarding.network

Social Life Road 

Menggambarkan tentang perjalanan hidup seseorang di mana pada garis gelombang bagian atas menjelaskan tentang hal-hal yang baik atau yang disenangi, sedangkan bagian bawah menjelaskan tentang hal-hal yang kurang disenangi dalam perjalanan hidup atau dari masa lalu.

Kuadran Strenght

Adalah salah satu alat asesmen untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan baik dalam diri klien maupun dalam hubungannya dengan orang lain atau lingkungan sosialnya yang ada pada diri klien atau penerima manfaat.

Diagram Venn

Dapat diartikan sebagai sebuah diagram yang didalamnya terdapat seluruh kemungkinan hubungan logika serta hipotesis dari sebuah himpunan benda ataupun objek. Berikut adalah contoh dari gambar diagram venn.

Sebuah diagram venn terdiri dari beberapa unsur. Seperti dapat kalian amati apada gambar di atas, bagian persegi panjang yang ada di bagian luar merupakan bagian persegi panjang yang ada di bagian luar merupakan bagian yang disebut sebagai himpunan semesta. Sementara lingkaran yang ada di dalam persegi tersebut menyatakan himpunan dengan titik-titik yang menjelaskan tiap-tiap anggota dari himpunanan tersebut. Agar kalian lebih mudah dalam memahaminya.

Road Map 

Menurut arti kamus, roadmap atau peta jalan adalah rencana kerja yang menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Roadmap umumnya disusun sebagai bagian dari rencana strategis. Substansi penlisannya :

  1. Keadaan saat ini (sebagai baseline)
  2. Tujuan yang ingin dicapai
  3. Uraian tahap pelaksanaan untuk mencapai tujuan
  4. Sasaran dari setiap tahap
  5. Indikator pencapaian sasaran

 

Roadmap dapat diterapkan untuk berbagai domain persoalan, seperti ekonomi, kesehatan, transportasi, reformasi birokrasi, teknologi informasi dan lain sebagainya.

2 thoughts on “Alat Asesmen Pekerjaan Sosial

    1. Erna Dwi Susanti Post author

      Ini untuk asesmen mikro ya melalui case work, untuk makro insya Allah akan ditulis ditulisan selanjutnya. Ditunggu ya Bintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *