Lemang Aceh Gurihnya Juara

Lemang, makanan khas Aceh yang satu ini akan ngebuat lidah gagal move on. Pasalnya ada daya adiksi yang memikat dan membuat terkesan oleh sensasi gurihnya.

Paduan ketan yang pulen, air kelapa, manisan tebu dan bubuhan garam menjadikan citarasa khas dari kudapan ini. Dimasak dengan cara dibakar dalam bilah bambu menyempurnakan rasa bahan-bahan tersebut, sempurna berpadu. Selain rasa original, lemang ketan Aceh biasa juga dibuat dengan rasa sarikaya dan lemang ubi.

Lemang menjadi makanan periodik, hanya dimasak dan disediakan saat menjelang puasa (megang – istilah Acehnya) dan jelang Idul Fitri. Biasanya juga lemang ini menjadi makanan hantaran menantu pada mertua di dua waktu tersebut. Makanan sakral kali yaa.

Lemang biasa disantap dengan susu kental manis, tapai ketan atau kuah santan. Benar-benar cita rasa kelezatan yang hakiki, bukan?

Minusnya dari makanan ini, dianjurkan untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Efek berlemak dari lemang ini akan memperbesar peluang naiknya kolestrol kita. Hahaha. So far, recommended guys.

Erna – Bunda Yahya | Banda Aceh, 13 Mei 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *