WHAT I NEED TO IMPROVE?

Foto: ern

Adalah suatu kesia-siaan manakala resolusi hanya sebatas catatan keinginan. Betul, resolusi butuh penyeimbang usaha untuk mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan, menjadi prestasi pencapaian.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan resolusi, namun dari banyak hal tersebut ada beberapa pointer utama yang ternilai sebagai suatu keperluan/keharusan untuk ditingkatkan untuk semakin mendekatkan saya dengan resolusi saya.

  1. Komitmen
    Aspek pertama banget yang harus saya internalisasikan semakin kuat adalah komitmen. Di mana saya yang pernah menyusun resolusi capaian untuk 2017 ini harus memiliki komitmen tinggi mencapainya. Komitmen tinggi inilah yang nantinya menjadi harapan saya untuk memunculkan sikap-sikap urgent dan penunjang selanjutnya.

  2. Keberanian Menghadapi Kenyataan
    Saya haruslah tampil menjadi pribadi yang lebih berani. Berani memahami dan menghadapi kenyataan, karena nyatanya fakta hidup itu tidak hanya tentang manis tapi juga pahit. Kalau saya menginginkan bahagia sebagai buah dari pencapaian resolusi, maka saya pun harus berani merasakan pahit sebagai rasa timbulnya kegagalan.

  3. Kesiapan untuk Berdinamisasi
    Selanjutnya yang saya perlu tingkatkan adalah kesiapsiagaan diri untuk berdinamisasi menghadapi proses dan hasil. Saat perjalanan proses saya menemui kegagalan atau ketidak-mungkinan melanjutkan resolusi maka saya harus bersikap dinamis. Dinamis dalam pengertian mampu dan mau merombak resolusi, menggantikan atau mengubah prioritas pencapaian. Saya tidak akan dapat menggapai hasil ‘baik’ kalau dinamisasi tidak dapat saya lakukan. Bukankah statis adalah ciri dari ragu untuk menjadi pemenang?

  4. Kesigapan dan Semangat
    Untuk poin keempat ini saya menyebutnya tekad. Senantiasa memperbaharui tekad adalah kebutuhan fundamental yang harus ditingkatkan. Sejalan dengan proses, tekad keseringan akan mengalami pasang surut, timbul tenggelam bahkan terkadang luntur terus hilang. Berhubung saya adalah tipikal moody-an jadi meningkatkan tekad sangat perlu saya upayakan.

  5. Keyakinan
    Segenap usaha disertai komitmen, keberanian, kesiapan untuk berdinamisasi serta perbaharuan tekad tetaplah butuh penyempurnaan. Keyakinan memegang kunci atas upaya-upaya tersebut. Menempatkan iman dan keberpasrahan pada Tuhan menjadi muara agung atas keinginan pencapaian resolusi 2017. Semua kenyataan adalah hasil campur tangan dari Tuhan, sebagai manusia hanya berkapasitas untuk mengusahakan.

Well, noted! It’s my home work. Tidak ada beban tanpa pundak, tidak ada kompas yang tidak berpenunjuk arah. Semua keinginanmu adalah mungkin, mengupayalah!

#day6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *